Minggu, 31 Oktober 2010

Berbagai Fungsi Dasar Excel


Sebagai sebuah aplikasi Spreadsheet, Excel memiliki beberapa keunggulan antara lain terdapat fasilitas formula yaitu memungkinkan untuk memasukkan suatu rumus tertentu dalam sel. Berikut ini adalah beberapa formula Excel yang digunakan dalam materi/ bahasan buku ini. Formula ini harus dikuasai terlebih dahulu sebelum masuk kedalam pembahasan selanjutnya.

Adapun berbagi formula sederhana adalah sebagai berikut : 
A.     Formula Matematika Sederhana
a.      Penjumlahan
Penjumlahan pada formula excel dilakukan dengan menggunakan tanda “+”. Untuk memasukkan formula pada excel selalu harus dimulai dengan tanda “=” (sama dengan). Tanda “=”  berarti bahwa sel tersebut mengandung formula.
Misalnya pada sel C2 kita isikan  =7+8; maka tampilan dari sel C2 akan berisi nilai 15.
Perhatikan tampilan disamping, dimana secara fisik kita lihat tampilan di sel C2 adalah angka 15, namun pada formula bar nilai sesungguhnya adalah =7+8.

Excel juga mampu melakukan perhitungan dan atau mengkaitkan banyak sel dalam satu formula. Contoh sederhana adalah sebagai berikut :
 Pada sel A1 diisi dengan nilai 6
Pada sel A2 diisi dengan nilai 7
Pada sel A3 dapat dimasukkan formula =A1+A2. Nilai yang ditampilkan adalah 13.

b.      Pengurangan
Pengurangan dilakukan dengan memberikan tanda minus (“– “) misalnya 7-3; B7-A4; dan sebagainya.

c.      Perkalian
Perkalian dilakukan dengan menggunakan tanda asterisk (“ * “) misalnya kita ingin membuat operasi perhitungan 3 X 2, maka pada sel di Excel kita tuliskan =2*3.

d.      Pembagian
Operasi pembagian dilakukan dengan menggunakan tanda “/” misalnya  =23/17; B8/C8; dan sebagainya.

e.      Perhitungan multiple
Pada Excel, dimungkinkan dilakukannya perhitungan multiple yang melibatkan banyak operasi bilangan; misalnya seperti berikut:
=D8*3/4-A3
Perlu diperhatikan bahwa Excel akan menginterpretasikan formula dengan melakukan perhitungan bertahap dari sisi paling kiri ke sisi kanan. Jadi pada formula diatas nilai D8 akan dikali dengan tiga, hasilnya dibagi dengan 4, dan hasil pembagian akan dikurangi dengan nilai A3.
Misalnya nilai D8=8; dan nilai A3=2; maka hasil perhitungan menjadi 8X3=24 dibagi 4 = 6 dikurangi 2; hasil akhir adalah 4.
Bandingkan dengan =(D8*3)/(4-A3) maka Excel akan melakukan perhitungan pada nilai yang terdapat dalam tanda kurung terlebih dahulu sehingga (8X3) dibagi (4-2), hasil perhitungan menjadi 12.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar