Minggu, 31 Oktober 2010

PENGGUNAAN APLIKASI PENENTUAN NILAI

Bingung mengolah nilai murid atau mahasiswa kita??

Dengan tool excell ini semua menjadi mudah koq
Buktikan ya!!

Saya coba membuat aplikasi Olah Nilai ini dan telah saya gunakan sejak tahun 2001; sekarang saya coba untuk berbagi dengan Anda, moga-moga ada manfaat dan gunanya!

Biasanya file aplikasi ini saya gunakan untuk keperluan :
Satu … Rekapitulasi Nilai untuk satu mata kuliah tertentu
Dua …. Menentukan nilai akhir rata-rata (secara otomatis)
Tiga .... Mengubah kode nilai dari nilai angka menjadi nilai mutu (otomatis juga!)
Dan Empat .... akhirnya Nilai mutu tadi saya gunakan untuk membuat KHS (raport) atau transkrip





Untuk dapat menjalankan aplikasi ini, anda harus membuat sendiri aplikasi ini atau kalo tidak mau repot ya diunduh saja dari file saya disini. Trus coba dibuka :





Ini tampilan sheet pertama atau sheet See!. Disini Anda cuma ketemu sekilas info aja!
Untuk Product Code mohon tidak diubah ya!
Lha sekarang masukkan data peserta didik / mahasiswa ke dalam sheet Data (sheet kedua), jangan lupa masukkan program studi dan semesternya ya. Pengisian bisa pake ketik/ input satu-satu ato kalo udah punya file daftar mahasiswa (absen) yo cukup COPY dan PASTE aja (saran dari mbah dukun : Paste-nya pilih Paste Special opsi : Pake Telor! Eh salah ... opsinya : VALUE)
Contoh yang udah saya kerjakan (lima mahasiswa aja ya! Capek ngetiknya) :





Nah, sekarang masuk ke Sheet Nilai. Sebelumnya kita buat perumpamaan :
Misalnya kita punya dua orang dosen, misalnya untuk mata kuliah EKONOMETRIK ada 2 orang dosen yang ngajar yaitu Pak Edo dengan 12 kali tatap muka (1,5 SKS) dan satunya Pak Fariz dengan 4 kali tatap muka (0,5 SKS). Trus keduanya ngasih nilai kayak gini nih:







So... pada sheet Nilai, masukin tuh nilai-nilai dosen, misalnya ke kolom nilai 1 untuk nilai Pak Edo dan kolom nilai 2 untuk nilai Pak Faridz. Biar tidak kelupaan kolom 1 dosen siapa, kolom dua dosennya yang mana dan seterusnya, isikan di kolom keterangan (letaknya dibawah di kolom D216) nama-nama dosen tersebut kayak gini ya:





Udah masukin nilai masing-masing mahasiswa belom?? awas yo... jangan ketuker!
Masukin nilai bisa pake manual satu-satu ataupun kalo emang udah ada soft data dari dosen yang bersangkutan ya tinggal di copy – paste aja !


masukkan pula bobot nilai, untuk bobot ini pake Prosentase, jadi misalnya SKS total 2 sementara SKS Pak Edo 1,5 SKS maka prosentasenya ya 75% (dari 1,5 dibagi 2 dikali 100%). Sedangkan Nilai Pak Fariz 25%. Penentuan bobot ini terserah aja sama operator!
Masukin nilainya seperti begini :





Jadi pada sel E11 (dibawah 1) diisi 75 dan pada sel F11 diisi 25. Sehingga ... JRENG..... begini hasilnya :





Sekarang otomatis nilai angka dan nilai lambang akan muncul.
Kalo kota lihat, Nilai Ainun (55,0) didapat dari (48 X 75%) + (76X 25%) = 55,0.
Kalo nilai mahasiswa yang laen gimana ? ya itung aja sendiri kalo nggak percaya!


Nah, sekarang hasil udah tampak, yaity nilai tertinggi 66,5; nilai terendah 55 sedangkan nilai rata-rata 60,05. Dari proses pengelompokan nilai mutu juga didapatkan yang dapet nilai B 1 orang dan nilai C ada 4 orang.


Kalo nilai mahasiswanya jelek semua trus kita mau Ngatrol jadi baik bagaimana??
Ya udah... pasang tuh nilai pada katrol bendera .... tarik.... tarik ..... Naik Khan!!
Oke.. deh serius ya..... lihat pada sisi kanan atas worksheet Anda akan jumpai pengelompokan nilai (rentang nilai) seperti ini:





Pengelompokan itu artinya: disebut E jika nilai 0 – 40; D jika nilai 41-55; C jika nilai kumulatif 56 – 65 dan seterusnya!. Nah.... rentang nilai ini bisa diubah dengan mengubah pada kolom mak (yaitu tulisan yang warnanya biru Laut Khatulistiwa); misalnya menjadi begini :





Nah sekarang kita dapat nilai C ada 3 orang dan nilai D ada 2 orang khan??


So, mungkin tool ini akan berguna bagi para guru, bagian BAAK, dosen penanggungjawab mata kuliah, Koordinator Kurikulum, de el el .... Tertarik?? Bisa download file ini atau BIKIN SENDIRI, Yakin Kamu Bisa Koq!.... khan cuman kerjaan Excel! Katanya udah Jago!

 

1 komentar: