Minggu, 31 Oktober 2010

UJI CHI-SQUARE DENGAN EXCELL


MENGUJI CHI-SQUARE DENGAN EXCELL???
DENGAN DATA BERUPA TABULASI SILANG ??


Nggak Masalah, Buktikan Disini??








Pada sekitar tahun 2001, saat lagi nyasar ke Bandung, ada temen yang lagi nyusun skripsi minta tolong untuk dibantu menyelesaikan statistik penelitiannya. Aku sih udah lupa apa judul penelitiannya itu, tapi pada intinya melakukan uji beda dengan data kategorik (nominal gitu)... Setelah ngobrol agak lama, aku Cuma bilang ... Lha biasanya pake Uji Chi-Square untuk kasus begituan... itu sih gampang.... tinggal masukin ke SPSS aja dan beres Deh !.




Tak lama teman itu menunjukkan data untuk diolah, ternyata data penelitian merupakan data sekunder dari rekam medik sebuah rumah sakit pemerintah terkenal (dan mungkin terbesar) di Jawa Barat, datanya bukan lagi data mentah, tapi sudah merupakan data dalam bentuk tabulasi silang, dan parahnya lagi, datanya berjumlah ribuan (data pasien tampaknya). Saya lihat, kayaknya ada lebih dari 40 tabulasi silang yang disodorkan ke saya.....contohnya kayak gini nih :



Kepala saya jadi pusing ikut mikir... karena selama ini yang saya tahu .... kalau kita bekerja dengan SPSS, SPSS minta data mentah (raw data) jadinya data tersebut harus dimasukkan satu-satu; lha kalo datanya ribuan, bisa pusing neh!


Agak setengah putus asa, akhirnya aku pinjem manual statistik (kalo nggak salah statistiknya Sugiyono).... baca-baca sebentar, dan muncullah ide untuk membuat aplikasi dengan Excel. Utak-atik sekitar 2 jam, jadilah Aplikasi Excell itu dan kuserahkan file-nya (jaman itu masih pake disket) kepada teman tadi. Dan berhasil!!! A.l.h.a.m.d.u.l.i.l.l.a.h....


Aplikasi ini mungkin juga membantu bagi mahasiswa yang ketemu pembimbing statistik yang jadul (mintanya mengolah data secara manual) karena secara visual hasil pengerjaan statistiknya juga ditampilkan tahap demi tahap.
Nah yo, mungkin ada yang tertarik untuk melihat Aplikasi ini, silahkan unduh disini Ya!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar